Shape Tweening menggunakan Adobe Flash

Label:INTERNET, FRIENDSTER, HACKING
Image

Shape Tweening adalah salah satu jenis Animasi. Selain Motion Tween, yang merupakan Animasi Gerak, terdapat Shape Tween yang merupakan animasi bentuk. Jika dalam Motion Tween objek bergerak dari satu koordinat ke koordinat lainnya, maka dalam Shape Tween objek berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.
Shape Tween juga sering disebut Morphing(Sesuai dengan definisi Morphing, CMIIW :D)

Image

Langkah-langkah pembuatan Shape Tween yang paling sederhana, adalah sebagai berikut (untuk pengenalan Flash, klik disini, dan mengenai dasar animasi disini) :

1. Buatlah satu dokumen baru, tentukan ukurannya. Dalam latihan ini, kita buat ukuran 400piksel x 250piksel.
Image

2. Yakinkan anda aktif dalam Stage utama, di dalam Frame 1.
Image

3. Sekarang, buat satu objek kotak baru dalam Stage, menggunakan RectangleTool
Image ----------> Image

4. Masuk ke frame 50. Caranya, klik frame 50, pada Timeline. Kemudian klik kanan, pilih Insert Blank Keyframe. Maksudnya adalah kita akan membuat satu frame kosong pada frame 50. Terlihat pada stage di frame 50, tidak ada objek apapun.
Image

5. Pada stage yang kosong di frame 50, buatlah satu teks "KOTAK" menggunakan TextTool.
Image ----------> Image

6. Sekarang, kita rubah teks yang telah kita buat menjadi suatu objek setara dengan objek kotak pada frame 1. Caranya klik Modify > Break Apart , ulangi sebanyak 2 kali, sehingga teks kotak menjadi seperti ini (terdapat titik-titik putih).
Image

7. Setelah teks "KOTAK" menjadi objek, klik pada sembarang frame antara frame 1 dan frame 50. Kemudian arahkan kursor pada panel Properties, pilih Shape pada pilihan Tween.
Image

8. Sehingga sekarang tampilan Timeline menjadi seperti ini
Image

9 Jalankan Movienya dengan cara klik Control > Test Movie atau klik Ctrl + [enter]. Dan lihat hasilnya, objek kotak akan berubah menjadi teks "KOTAK".

Silahkan dicoba, dan kembangkan kreasimu. tulisan ini aku ambil dari http://forum.himatif.or.id/viewtopic.php?f=12&t=1579
0 komentar:

Followers

PLEASE NGASIH COMMENT YAH.....^_^


ShoutMix chat widget

FACEBOOKKU, ADD YAH (lumeks_tkj@yahoo.com)

TUGAS KAMPUSKU (NARSIS MODE_ON)

Daerah Asal Pengunjung

5 KOMENTAR TERAKHIR


DAFTAR ISI