Memasang USB Tambahan

Label:INTERNET, FRIENDSTER, HACKING

Universal Serial Bus atau yang lebih kita kenal dengan sebutan usb adalah port I/O yang paling populer saat ini. Hampir seluruh peralatan elektronik yang bisa dikoneksikan dengan komputer mempergunakan port ini, mulai dari printer, kamera sampai ponsel.

Pesatnya perkembangan port yang sudah sampai ke versi 2.0 ini mendorong vendor motherboard menambah jumlah port baik yang sudah bulit in maupun sekedar soket untuk port tambahan. Pada sebagian motherboard tipe bagus bahkan sampai menyediakan 4 port built in di bagian belakang CPU dan 6 soket port tambahan.

Untuk casing CPU model terakhir, biasanya menyediakan port usb tambahan di bagian depan casing. Ini untuk memudahkan pemasangan kabel usb untuk peralatan yang sifatnya temporary, seperti ponsel atau kamera digital. Port di bagian belakang biasanya hanya untuk memasang peralatan yang bersifat tetap, seperti printer atau scanner. Kebayang nggak sich, kalau kita harus bolak-balik ke belakang CPU hanya untuk mengganti peralatan usb.

Untuk anda yang pada casing CPU tidak memiliki port USB pada bagian depan atau yang membutuhkan lebih dari 2 port, anda bisa berkreasi sendiri membuat port tambahan. Tidak perlu modal besar atau pengalaman teknis lebih.

Memang ada usb hub di pasaran dengan harga relatif murah yang biasanya berisi 4 percabangan. Namun perlu diingat, walaupun bisa terpasang 4 alat namun karena port aslinya hanya satu buah kadang menimbulkan konflik driver ataupun peralatan.

Untuk membuat ekstra port yang dibutuhkan hanya kabel port usb, cutter, lem besi atau superglue dan yang pasti motherboardnya harus memiliki ekstra port. Untuk itu anda perlu membuka casing lalu diperiksa setiap sisi motherboard. Cari soket kecil yang sebenarnya berjumlah sepuluh pin namun salah satu pin nya kosong. Biasanya tidak jauh dari soket itu ada keterangan “usb port”

Tahap pertama anda perlu melepas penutup bay yang tidak digunakan pada bagian depan casing CPU. Kebanyakan Casing menyediakan 3 atau 4 bay dan yang digunakan paling banyak 2 bay untuk CDROM dan CDRW. Caranya rogoh (jawa. Red) bagian dalam tutup bay, lalu gunakan ujung jari untuk melepas pengait kecil di kanan kiri tutup. Ada sebagian casing yang menutup bagian dalam bay dengan plat, lepas dulu plat tersebut.

Lubangi tutup bay menggunakan cutter sesuai dengan ukuran port yang akan dipasang. Pasang port pada lubang tersebut dan bantu dengan lem. Hati-hati bila mengelem bagian plat dan konektor port terutama bila menggunakan superglue. Plat port yang bolong-bolong bisa menyebabkan lem masuk dan mengenai bagian konektor yang pada akhirnya menutupi permukaan konektor. Hasilnya pada saat digunakan konektor pada port dan kabel usb tidak dapat menempel sempurna. Penggunaan lem besi yang masuk ke bagian dalam port dapat menghalangi masuknya ujung kabel usb.

Test menggunakan kabel usb. Kalau keluar masuknya ujung konektor kabel ke port lancar dan pada saat kabel dicabut port tidak ikut tercabut dari tempatnya, pekerjaan anda sementara dapat dikatakan sudah OK.

Tahap selanjutnya adalah memasang ujung kabel port tambahan tersebut ke motherboard. Ini menuntut anda untuk cermat dan hati-hati. Langkah awal yang bagus anda harus mencari tempat yang nyaman, leluasa dan terang.

Kabel usb umumnya terdiri dari empat warna standar, dengan urutan sebagai berikut : merah (VCC), putih (+), hijau (-) dan hitam untuk ground.

Pada soket ada 9 pin yang terbagi menjadi dua baris dengan urutan fungsi sama dan sejajar. Anda bisa mulai memasang dari baris yang berisi 4 pin (1 pin kosong sebagai patokan). Pertama pasang kabel hitam, lalu hijau, putih dan terakhir merah.

Baris yang terisi 5 pin dipasangi soket kabel dengan urutan warna sama dengan sebelumnya dimulai dari pin kedua. Pin pertama (yang sebelahnya pin kosong) biarkan saja, toh kabelnya juga cuma 4 kan?

Lakukan tes akhir. Nyalakan CPU. Siapkan alat yang menggunakan usb, printer misalnya. Colokan kabel ke port yang dibuat tadi. Bila muncul pesan New Hardware Found, lanjutnkan menginstal driver yang diminta. Lakukan tes print. Bila semuanya lancar dapat dipastikan pekerjaan anda berjalan sukses. Kalau belum bisa terdeteksi periksa ulang pemasangan kabel baik itu ke soket motherboard maupun ke port tambahan. Bila perlu ukur menggunakan multimeter atau AVOmeter.

Pasang kembali tutup bay pada tempatnya dan anda kini telah memiliki ekstra port usb untuk meringankan pekerjaan anda. Tak perlu lagi kan membolak-balik CPU atau gonta-ganti kabel USB?



0 komentar:

Followers

PLEASE NGASIH COMMENT YAH.....^_^


ShoutMix chat widget

FACEBOOKKU, ADD YAH (lumeks_tkj@yahoo.com)

TUGAS KAMPUSKU (NARSIS MODE_ON)

Daerah Asal Pengunjung

5 KOMENTAR TERAKHIR


DAFTAR ISI