Mematikan Dan Menyalakan Komputer Dengan Cepat

Label:INTERNET, FRIENDSTER, HACKING ,

Jika kita hendak mematikan komputer, biasanya melalui fasilitas Shutdown atau Turn Off yang biasa diakses melalui Start - Turn Off Computer. Ada satu tips yang memungkinkan kita bisa mematikan dan menyalakan komputer dengan cepat, lebih cepat dari proses booting biasa, Shutdown ataupun Turn Off. Windows XP memiliki sebuah fasilitas yang dinamakan Hibernate. Kita tinggal mengaktifkannya saja.

Pada saat komputer bekerja maka data yang sedang diproses disimpan sementara pada memori. Hibernate adalah teknologi dimana ketika komputer dimatikan maka data yang ada di memori 'dipindahkan' ke hardisk. Jika suatu saat komputer dinyalakan kembali maka data yang ada dihardisk 'dikembalikan' lagi ke memori. Efeknya proses menyalakan (booting)dan mematikan komputer berlangsung dengan cepat karena komputer tidak mengambil data dari hardisk, melainkan dari memori.

Fungsi lain dari Hibernate adalah komputer akan menampilkan aplikasi terakhir yang sedang dijalankan saat komputer dimatikan. Sebagai contoh, ketika kita hendak mematikan komputer melalui Hibernate, saat itu ada aplikasi yang sedang dijalankan yakni Winamp. Nah ketika komputer dinyalakan kembali, aplikasi Winamp tersebut masih terbuka, lebih praktis kan?

Cara mengaktifkan fasilitas Hibernate adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan di desktop lalu pilih Properties
  • Klik tab Screen Saver kemudian klik tombol Power…
  • Klik tab Hibernate. Beri tanda ceklis pada pilihan Enable hibernation. Jika sudah, klik OK

Jika kita hendak mematikan komputer, klik Start - Turn Off Computer. Setelah kotak muncul, tekan tombol Shift. Perhatikan gambar dengan tulisan Stand by akan berubah menjadi Hibernate. Klik tombol tersebut dan komputer pun akan mati lebih cepat. Saat kita menyalakan komputer kembali, proses booting pun akan berjalan lebih cepat dari biasanya.

Semoga bermanfa'at.


0 komentar:

Followers

PLEASE NGASIH COMMENT YAH.....^_^


ShoutMix chat widget

FACEBOOKKU, ADD YAH (lumeks_tkj@yahoo.com)

TUGAS KAMPUSKU (NARSIS MODE_ON)

Daerah Asal Pengunjung

5 KOMENTAR TERAKHIR


DAFTAR ISI