instal windows secara aman

Label:INTERNET, FRIENDSTER, HACKING , ,

akhir-akhir ini penyebaran virus makin marak, makin cepet dan makin pinter. salah satu yang membuat jengkel adalah banyaknya virus yang tergabung dalam program aplikasi, sehingga ketika kita install aplikasi tersebut, sekaligus kita instal virus tersebut. dan yang menjengkelkan lagi saat ini sistem operasi yang paling banyak digunakan dan baling serign diserang virus adalah windows. beberapa kali melakukan install komputer dengan ditambah beberapa program aplikasi setelah selesai dan dicek, ternyata task manager sudah ter-disable. salah satu bukti virus sudah mulai aktif.

menyikapi hal itu, akhirnya coba cari cara gimana bisa install komputer sehingga virus tidak hinggap di komputer. dari beberapa kali percobaan yang ternyata lumayan ampuh, akhirnya dapat disimpulkan beberapa langkah yang bisa dilakukan mulai instal sistem operasi hingga instal aplikasi adalah sebagai berikut:
  1. siapkan media
    sudah pasti untuk melakukan instal sistem operasi wajib ada cd master dan media simpan harddisk. untuk cd master yakinkan aman dari virus, yang pasti yang origin lebih terjamin. setelah itu siapkan juga harddisk dalam kondisi yang prima. harddisk disini untuk mendapatkan hasil yang maksimal haruslah hardis yang benar-benar bersih, sukur-sukur harddisk tersebut masih dalam kondisi belum dipartisi.jika harddisk anda sudah terisi data, backup terlebih dahulu data, kemudian buang partisi yang ada dan buat partisi baru. dengan keadaan seperti ini kemungkinan terbebas dari virus.
  2. instalasi windows
    untuk instalasi cukup dilakukan seperti biasa, tunggu hingga selesai instalasi namun jangan melakukan instal aplikasi terlebih dahulu. lakukan sedikit setting agar jika terjadi kerusakan kita bisa langsung mendeteksi. cek task manager masih aktif atau tidak, dan proses ini hendaknya selalu dilakukan setiap selasai melakukan instal.
  3. setting restore
    salah satu tool windows yang memudahkan kita untuk melakukan backup adalah system restore. dengan tool ini silakan dilakukan seting untuk mematikan fungsi restore pada semua partisi hardisk yang ada kecuali pada sistem terpasang. ini bertujuan untuk mengurangi resiko infeksi virus pada point restore pada partisi. setelah ini selesai buat restore point yang digunakan untuk membackup hasil instal yang masih bersih. langkah ini berlaku setiap selesai melakukan instal aplikasi.
  4. pasang anti virus
    anti virus berperan penting dalam pengamanan komputer. hendaknya menggunakan antivirus yang ringan namun punya daya deteksi yang kuat.
  5. instal aplikasi
    siapkan master aplikasi yang akan dipasang dan pastikan terbebas dari virus. instal sepertia biasa pula namun yang perlu diperhatikan adalah setelah selesai instal cek terlebih dahulu task manager, jika masih aktif ada emungkinan komputer masih sehat dan selanjutnya lakukan backup dengan membuat restore point baru. ulangi langkah ini setiap selesai instal aplikasi. jika ternyata task manager diblokir, gunakan system restore untuk mengembalikan proses sebelum instal yang mengakibatkan komputer terinfeksi.
  6. finishing
    jika sudah puas dengan keadaan yang ada tinggal melakukan pemasangan freezer harddisk agar system tidak mencatat perubahan yang terjadi pada harddisk. pemasangan freezer hendaknya pada partisi sistem saja.

dengan melakukan hal-hal diatas ternyata memang memiliki tingkat keamanan yang lumayan dan tidak membutuhkan waktu yang banyak dibanding melakukan instal ulang jika terjasi kegagalan. boleh dicoba jika anda sudah terlalu jengkel dengan virus yang mengganggu proses instal yang anda lakukan. langkah langkah tersebut tidak mutlak bisa berhasil 100% namun dengan langkah ini kemungkinan komputer terjangkit virus makin kecil.


1 komentar:

waaaahh mantaaabb neh info nya.... kereeennn... lanjutkan... keep share


Followers

PLEASE NGASIH COMMENT YAH.....^_^


ShoutMix chat widget

FACEBOOKKU, ADD YAH (lumeks_tkj@yahoo.com)

TUGAS KAMPUSKU (NARSIS MODE_ON)

Daerah Asal Pengunjung

5 KOMENTAR TERAKHIR


DAFTAR ISI